Program Magister Gelar Ganda
(Magister Sains Ekonomi dari UI dan Gelar S2 dari Universitas Partner Luar Negeri)
Megister Gelr Ganda berkerja sama dengan universitas di Australia, Belanda, Jepang serta Amerika, PPIE-FEUI menyelenggarakan Program Magister Gelar Ganda. Dengan menyelesaikan program ini, mahasiswa mendapat dua gelar S2, yaitu Magister Sains Ekonomi (MSE) dari UI dan gelar S2 dari universitas partner di luar negeri. Program ini bertujuan agar lulusan selain memiliki pengetahuan ilmu ekonomi yang baik juga memiliki daya saing internasional dan wawasan berpikir global terutama berkaitan dengan bidang kekhususannya. Masa Studi. Program ini dijadwalkan dalam 2 tahun (4 semester), di mana peserta menjalani perkuliahan tahun pertama (2 semester) di PPIE-FEUI dan tahun kedua (2 semester berikutnya) di universitas partner di luar negeri termasuk penulisan tesis.

Kurikulum. Program ini memiliki dua kurikulum yang berbeda, yaitu kurikulum untuk gelar MSE dari UI dan kurikulum untuk gelar master dari universitas partner di luar negeri.

Untuk gelar MSE dari UI, mahasiswa memiliki beban studi 41 SKS, di mana 26 SKS dipenuhi dari perkuliahan tahun pertama di PPIE-FEUI, dan sisanya 15 SKS (terdiri dari perkuliahan setara 9 SKS dan tesis setara 6 SKS) diambil dari hasil studi di universitas partner di tahun kedua, melalui mekanisme transfer kredit.

Alokasi beban studi per semester pada perkuliahan tahun pertama (di PPIE-FEUI)
Mata Kuliah SKS
Semester I Microeconomics I
Macroeconomics I
Econometrics I
Mathematics I
3
3
3
3
Semester I Microeconomics II
Macroeconomics II
Econometrics II
An elective course:
  • International Trade
  • Monetary Theory
  • Regional Economics
  • Natural Resource Economics
  • Industrial Organization
  • Public Goods Economics
  • Development Economics
Research Method and Thesis Preparation
3
3
3
3










2
Additional Course Academic Writing and Presentation Techniques
Total SKS 26
Kurikulum untuk gelar master dari universitas partner di luar negeri ditentukan oleh universitas partner yang bersangkutan. Sebagian kredit yang diambil di UI di tahun pertama akan diakui di universitas tersebut melalui mekanisme transfer kredit.