Program Doktor Ilmu Ekonomi
Program doktor bidang ilmu ekonomi bertujuan menyiapkan ekonom profesional untuk berkarir di lingkungan akademik, bisnis, ataupun pemerintahan. Perkuliahan dirancang agar mahasiswa mendapat pengetahuan teori ekonomi tingkat lanjutan dengan baik dan mendalam, serta ketrampilan yang diperlukan untuk menghasilkan penelitian independen dan original dengan tujuan menjawab permasalahan ekonomi yang penting dan mendasar yang sedang dihadapi negara atau masyarakat.

Skema Penyetaraan. Calon mahasiswa bukan dari disiplin ilmu ekonomi atau telah menyelesaikan program S2 ilmu ekonomi lebih dari 2 tahun yang lalu diharuskan mengikuti maksimum 8 mata kuliah penyetaraan tingkat magister yang bisa diselesaikan dalam 2 semester melalui skema Credit Earning Program sebelum perkuliahan Program Doktor dimulai. Kedelapan mata kuliah itu adalah
Mata Kuliah Penyetaraan
(Melalui Skema Credit Earning Program)
SKS
Semester I Ekonomi Makro I 3
Ekonomi Mikro I 3
Ekonometri I 3
Matematika I 3
Semester II Ekonomi Pembangunan 3
Ekonomi Makro II 3
Ekonomi Mikro II 3
Ekonometri II 3
Total SKS maksimum dari penyetaraan 24
Kurikulum. Calon mahasiswa yang dinilai berhasil dalam penyetaraan akan diterima pada Program Doktor. Beban studi kurikulum Program Doktor adalah 50 SKS termasuk disertasi, dalam waktu yang dijadwalkan 6 semester. Program ini dapat diselesaikan kurang dari 6 semester dan selama-lamanya 10 semester (tidak termasuk waktu untuk menempuh penyetaraan), dengan beban studi per semester sebagai berikut.
Mata Kuliah SKS
Semester I Ekonomi Mikro III 3
Ekonomi Makro III 3
Mata Kuliah Peminatan 3
Matematika II 3
Semester II Ekonometri III 3
Seminar Peminatan 3
Filsafat Ilmu Pengetahuan 3
Mata Kuliah Peminatan 3
Semester III Ujian Kualifikasi
Proposal Disertasi 8
Semester IV Disertasi 20
TOTAL SKS 50